Keindahan dan manfaatnya

Nama: Reno Indra Atmaja
Universitas Gunadarma
Dosen: Ahmad Nasher


Keindahan dan Manfaat-nya




  • Pengertian Keindahan
Keindahan atau keelokan merupakan sifat dan ciri dari orang, hewan, tempat, objek, atau gagasan yang memberikan pengalaman persepsi kesenangan, bermakna, atau kepuasan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, keindahan diartikan sebagai keadaan yang enak dipandang, cantik, bagus benar atau elok. Keindahan dipelajari sebagai bagian dari estetika, sosiologi, psikologi sosial, dan budaya. Sebuah "kecantikan yang ideal" adalah sebuah entitas yang dikagumi, atau memiliki fitur yang dikaitkan dengan keindahan dalam suatu budaya tertentu, untuk kesempurnaannya.
Keindahan berasal dari kata indah, artinya bagus, permai, cantik, elok, molek dan sebagainya. Benda yang mempunyai sifat indah ialah segala hasil seni, (meskipun tidak semua hasil seni indahl, pemandangari alam (pantai, pegunungan, danau, bunga-bunga di lereng gunung), manusia (wajah, mata, bibir, hidung, rambut, kaki, tubuh), rumah ( perabot rumah tangga dan sebagainya), suara, warna dan sebagainya. Keindahan adalah identik dengan kebenaran.
Keindahan sebagai benda tertentu yang menunjukkan keindahan keindahan memiliki konsep pemahaman dan nilai yang berbeda dengan kualitas abstrak di mana benda yang dimaksud dalam hal ini adalah sesuatu yang mewakili keindahan secara umum dan dapat dengan mudah diterima maupun dipahami oleh masyarakat.

  • Keindahan berdasarkan cakupannya

Bertitik tolak dari landasan ini kita bisa membedakan antara keindahan sebagai kualitas abstrak dan keindalan sebagai sebuah bcnda tertentu yang memang indah. Perbedaan semacam ini lebih tampak, misalnya dalam penggunaan bahasa Inggris yang mengenalnya istilah beauty untuk keindahan yang pertama, dan istilah The Beautiful untuk pengertian yang kedua, yaitu benda atau hal·hal tertentu yang memang indah.

  • Keindahan berdasarkan luasnya

Keindahan berdasarkan luasnya dibagi menjadi 3, yaitu:

1. Keindahan dalam arti luas

The Liang Gie menjelaskan.bahwa keindahan dalam arti luas mengandung pengertian ide kebaikan. Misalnya Plato menyebut watak yang indah dan hukum yang indah, sedangkan Aristoteles merumuskan keindahan sebagai sesuatu yang baik dan juga menyenangkan.
Jadi pengertian yang seluas-Iuasnya meliputi :
• keindahan seni
• keindahan alam
• keindahan moral
• keindahan intelektual

2. Keindahan dalam artian estetik murni
Keindahan dalam arti estetik murni menyangkut pengalaman estetik seorang dalam hubungannya dengan segala sesuatu yang diserapnya.

3. Keindahan dalam arti terbatas dalam hubungannya dengan penglihatan
Keindahan dalam arti yang terbatas, mempunyai arti yang lebih disempitkan sehingga hanya menyangkut benda-benda yang dapat diserap dengan penglihatan, yakni berupa keindahan bentuk dan warna. keindahan tersusun dari berbagai keselarasan dan kebalikan dari garis, warna, bentuk, nada, dan kata-kata. Ada pula yang berpendapat bahwa keindahan adalah suatu kumpulan hubungan-hubungan yang selaras dalam suatu benda dan di antara benda itu dengan si pengarnat.

  • Manfaat Keindahan
Keindahan dari segi apapun sangat bermanfaat bagi manusia, bisa dibilang sangat erat dengan manusia, karena keindahan bisa bermanfaat bagi pikiran, perasaan ataupun yang lainnya, dengan memanfaatkan keindahan manusia dapat berpikir jernih dan lebih baik lagi karena seperti melihat pemandangan yang indah, karya seni yang indah, gambar gambar di pameran yang indah dapat memacu perasaan yang senang dan bangga tanpa ekspresi karena melihat keindahan tersebut. 
Selain dari alam, dan karya seni atau apapun itu, keindahan juga sangat melekat dengan manusia, seperti keindahan cara berbusana, cara berjalan, cara bergaya, cara mengepresikan diri seperti bernyanyi karena suara yang indah, memainkan musik, menari atau berdansa, cara membuat sesuatu yang menghasilkan karya yang indah seperti menggambar, dan keindahan pada sosok manusia tersebut seperti ketampanan dan kecantikannya.
 






Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Keindahan
http://wahyunitriu.blogspot.co.id/2015/04/keindahan-dan-manfaatnya-bagi-manusia.html
http://hamdaniphd.blogspot.co.id/2015/04/arti-keindahan-dan-manfaatnya-untuk.html
https://akudisinidwi.wordpress.com/2010/04/22/manusia-dan-keindahan/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kebudayaan Provinsi Gorontalo

KEBUDAYAAN BENGKULU

KEBUDAYAAN SULAWESI BARAT