Cinta dan manfaatnya

Nama: Reno Indra Atmaja
Universitas Gunadarma
Dosen: Ahmad Nasher




Cinta dan Manfaatnya

Cinta


Cinta adalah sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Dalam konteks filosofi cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan kasih sayang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apa pun yang diinginkan objek tersebut. Cinta juga berarti menyukai atau suka terhadap suatu objek baik itu objek nyata, mau pun tidak nyata.
Contoh:
pria/laki-laki yang mencintai wanita/perempuan.
Bapak Ivan sebagai laki-laki, mencintai Mama Ivan sebagai perempuan.



  •  Definisi Cinta

Cinta adalah suatu perasaan yang positif dan diberikan pada manusia atau benda lainnya. Bisa dialami semua makhluk. Penggunaan perkataan cinta juga dipengaruhi perkembangan semasa. Perkataan senantiasa berubah arti menurut tanggapan, pemahaman dan penggunaan di dalam keadaan, kedudukan dan generasi masyarakat yang berbeda. Sifat cinta dalam pengertian abad ke-21 mungkin berbeda daripada abad-abad yang lalu. Ungkapan cinta mungkin digunakan untuk meluapkan perasaan seperti berikut:
  1. Perasaan terhadap keluarga
  2. Perasaan terhadap teman-teman, atau philia
  3. Perasaan yang romantis atau juga disebut asmara
  4. Perasaan yang hanya merupakan kemauan, keinginan hawa nafsu, atau cinta eros
  5. Perasaan sesama atau juga disebut kasih sayang atau agape
  6. Perasaan tentang atau terhadap dirinya sendiri, yang disebut narsisisme
  7. Perasaan terhadap sebuah konsep tertentu
  8. Perasaan terhadap negaranya atau patriotisme
  9. Perasaan terhadap bangsa atau nasionalisme

  •  Jenis – Jenis Cinta


1.    Cinta kepada Tuhan atau pencipta
Cinta kepada tuhan adalah cinta yang sangat mendasar yang ada di dalam hati menyangkut rasa percaya akan kebenaran yang sejati,dimana perasaan cinta yang paling tinggi di peruntukan bagi-NYA yang telah menciptakan serta memberi hidup.Perasaan cinta kepada tuhan lebih kepada rasa taat dan patuh akan perintah dan menghindari segala sesuatu yang dilarang untuk dilakukan. Mengapa di bilang sangat mendasar? karena manusia jika tidak memiliki rasa cinta kepada Tuhan, tentu saja manusia akan merasa sombong karena tidak ada yang mengatur serta dipatuhi. Rasa cinta kepada tuhan akan memberikan rasa damai yang teramat dalam, sehingga pandangan manusia akan menjadi penuh kebaikan terhadap orang lain dan lingkungan.

2.    Cinta ibu kepada anak
Perasaan cinta seorang ibu kepada anaknya adalah cinta yang paling mulia,cinta seorang ibu meliputi ketulusan,rasa ingin selalu memberi,melindungi,memberikan rasa aman dan nyaman serta memberikan segala yang terbaik bagi anaknya di dalam kehidupan. Cinta ibu kepada anak adalah cinta sejati,karena seoarang ibu takkan menuntut balasan apapun kepada anak, seorang ibu hanya mengharapkan kebahagiaan dah kehidupan yang baik bagi anak.

3.    Cinta kepada keluarga
Perasaan saling memiliki dan merasa sebagai bagian dari keluarga. Saling Melengkapi dan memenuhi peranya masing-masing dalam keluarga.

4.    Cinta kepada sesame
Cinta kepada sesama lebih mengarah kepada rasa peduli,simpati dan dan rasa saling membutuhkan dalam masyarakat.

5.    Cinta kepada teman atau sahabat
Cinta kepada sahabat berbasis pada rasa kasih, sayang dan peduli. Ikut merasakan serta memahami perasaan yang sedang dialami, karena seorang sahabat adalah bagian dari dirinya yang penting sehingga sahabat akan menghadirkan perasaan bahagia ketika sahabat yang lain sedang bersedih yaitu dengan berbagi cerita,menghibur dan melalukan hal-hal yang menyenangkan.

6.    Cinta kepada lawan jenis
Cinta kepada lawan jenis lebih kepada rasa tertarik,mangagumi, romantis,kasih sayang dan ekspresi abstrak yang melibatkan rasa saling percaya, memiliki dan melengkapi. Kejujuran, kesetian, kepercayaan, pengertian adalah pondasi utama dalam menjalani hubungan dengan lawan jenis. Hal ini di anggap pokok karena pengingkaran dari hal-hal tersebut dapat mengurangi/mengancurkan rasa cinta itu sendiri.

7.    Cinta kepada bangsa dan negara
Perasaan cinta terhadap bangsa dan negara mengarah kepada patriotisme dan nasionalisme yang dibangun dalam diri. Rasa memiliki dan menjadi bagian dari sebuah negara menjadikan seseorang merasa wajib melakukan atau mematuhi peraturan yang berlaku serta memberikan peranan yang maksimal dalam membangun dan memberikan kontribusinya.Termasuk rasa suka rela dalam membela serta mepertahankan kemerdekaan yang terbangun secara mendasar dalam diri sebagai anggota/bagian dari negara.

  • Manfaat Cinta

1. Memberikan rasa damai Tanpa adanya cinta kasih,manusia tidak mendapat kan rasa damai sehingga akan memicu konflik,perselisihan akibat perbedaan dan tidak adanya dasar untuk saling menghormati dan menghargai sesama manusia. Dalam hal ini cinta sangat lah mendasar karena pada dasarnya hati yang damai akan memabawa fikiran yang lurus tanpa ada kebenciran dan iri hati.
2.  Menyempurnakan hidupCinta pada hati manusia membawa perasaan bahagia dan rasa syukur yang luar biasa, sehingga manusia dapat merasakan kesempurnaan meski dalam keadaan yang sangat sederhana sekalipun. 
3.    Menyehatkan jasmani serta rohaniSecara badaniah/jasmani perasaan cinta terhadap diri atau orang lain mampu menberikan semangat sehingga badan akan menjadi sehat karena seseorang akan secara sadar menjaga kesehatan badan. Sedangkan secara rohani/psikologi, seseorang yang memiliki rasa cinta cenderung memikirkan hal-hal yang positif dan baik bagi dirinya serta orang lain, sehingga secara tidak langsung telah menyehatkan rohani nyata.
4.    Memberikan arti hidupPerasaan cinta akan menjadikan seseorang merasa bahwa hidupnya di dunia ini sangatlah berarti, bagi dirinya atau pun orang lain,sehingga ia akan selalu berusaha memberikan yang terbaik di kehidupanya bagi tuhan, keluarga, teman, pasangan dan masyarakat.
5.    Mempersatukan perbedaanManusia yang satu dengan yang lain tentulah memiliki perbedaan baik secara fisik,pola pikir, tingkah laku dan lain-lain. Namun, dengan cinta,sebesar apapun perbedaan itu akan bisa bersatu karena perasaan cinta dapat memahami, mengerti serta menerima segala hal meski tak sama dengan apa yang kita harapkan/inginkan.
6.    Meredam rasa benci dan dendamCinta dapat menghancurkan dinding kebencian dan rasa dendam terhadap orang lain, karena cinta pada hakikat nya adalah memaafkan serta menerima kekurangan seseorang. Dengan cinta, hati yang penuh dengan kebencian dapat menjadi damai dan senantiasa dalam kebahagiaan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kebudayaan Provinsi Gorontalo

KEBUDAYAAN BENGKULU

KEBUDAYAAN SULAWESI BARAT