#TUGAS 4 Contoh Penggunaan AI Dalam Kehidupan Sehari-Hari Dosen Bu Dewi Luqi



ATM
(Anjungan Tunai Mandiri)

ATM dalam bahasa Indonesia adalah Anjungan Tunai Mandiri, dan dalam bahasa Inggrisadalah Automated Teller Machineyang diartikan sebuah alat elektronik yang melayani nasabah bank, untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang "teller" manusia.

Keuntungan menggunakan ATM :

·       Kemudahan penggunaan jasa perbankan
·       Keleluasaan waktu pelayanan
·       Kecepatan dan ketepatan pelayanan
·       Keamanan pelayanan
·       Keanekaragaman jenis pelayanan


contoh proses ;

-INPUT
    -pelangnggan memasukan kartu atm ke mesin atm
    -lalu memasukan nomer pin, dan melalukan tindakan yg di inginkan (misalnya mengambil uang)
-PROSES
    - mesin atm akan memproses tindakan yg dilakukan pelanggan dengan cara mengecek data  
      pelanngan pada server bank, jika semua data sudah di setujuin, maka proses akan menkonfirmasi 
      dan akan melakukan tindakan selanjutnya
-OUTPUT
    - mesin atm akan mengeluarkan sejumlah uang seperti tindakan yg di inginkan oleh pelangggan.

•VendingMachine Ticket KRL


Kereta api menggunakan loket dan petugas loket untuk melayani para penumpang dalam membeli tiket dan mengisi ulang saldo tiket. Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi, pihak PT. KCJ mengganti loket dengan vending machine. Banyak orang yang mengantri di loket untuk membeli tiket, kini sudah bisa dilayani melalui vending machine. C-VIM atau disebut juga Commuter Line Vending Machine adalah mesin yang dapat melayani pembelian tiket commuter line secara mandiri dengan layer sentuh. Mesin ini hanya bisa digunakan untuk  tiket THB (Tiket Harian Berjamin) dan KMT (Kartu Multi Trip).
Bagi pengguna commuter line atau KRL, mungkin sudah tidak asing lagi dengan vending machine. Namun, bagi yang tidak menggunakan KRL sebagai transportasi sehari-hari, mungkin belum tahu. C-VIM ini hanya tersedia di stasiun-stasiun besar, belum ada di semua stasiun. Dalam pengoperasiannya, C-VIM dilengkapi 2 pilihan Bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris sehingga memudahkan bagi pengguna jasa local maupun asing. Dengan ada nya C-VIM, loket konvesional di stasiun-stasiun prioritas nantinya akan ditiadakan karena fungsinya sudah digantikan dengan mesin tiket.


Vending machine memiliki dua jenis transaksi yaitu untuk transaksi THB dan KMT. Pada transaksi THB, C-VIM melayani pembelian tiket baru, isi ulang tarif perjalanan dan pengambilan uang jaminan. Sedangkan untuk transaksi KMT, hanya bisa mengisi ulang saldo. Kartu Multi Trip (KMT) bisa dilakukan dengan mudah dan cepat melalui vending machine. Vending machine bisa memeriksa uang yang kita masukan, misalnya ada uang lecek, robek atau coretan, vending machine akan menolak dan mengeluarkan uang tersebut. Bahkan bisa memeriksa uang tersebut palsu atau tidak.

•Barcode Scanner

Barcode Scanner adalah alat yang digunakan untuk membaca kode-kode berbentuk garis-garis vertikal (disebut dengan BARCODE) yang terdapat pada kebanyakan produk-produk consumer good. Penggunaan barcode scanner ini mempunyai dua keuntungan tambahan. Yang pertama akan memperkecil kesalahan input yang disebabkan kesalahan operator komputer atau kasir. Yang kedua, penggunaan barcode scanner mempercepat proses entry data, sehingga mengurangi jumlah antrian yang panjang.


Kesimpulanya, dalam kehidupan sehari-hari pekerjaan kita tidak jauh dari alatt Sistem Cerdas. Dari 3 contoh diatas membuktikan bahwa sistem cerdas yang berbentuk alat, robot atau mesin digunakan dan dibutuhkan oleh manusia. Dengan begitu pekerjaan manusia akan lebih mudah dan lebih efesien. Dari 3 contoh diatas ada Mesin ATM, CT SCAN, Barcode Scanner memiliki fungsi yang berbeda-beda, namun memiliki peran yang penting untuk membantu pekerjaan manusia.

Sumber:
•http://billyupilman.blogspot.com/2016/11/kecerdasan-buatan-pada-kehidupan-sehari.html?m=1
• https://www.google.co.id/amp/s/rifanina.wordpress.com/2016/11/11/3-sistem-cerdas-dalam-kehidupan-sehari-hari/amp/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kebudayaan Provinsi Gorontalo

KEBUDAYAAN BENGKULU

KEBUDAYAAN SULAWESI BARAT